Tuesday, September 24, 2013

3 Cara Memutihkan Kulit Tapi Tetap Sehat



Seringkali mendengar bahwa krim-krim pemutih yang dijual di luaran sana menawarkan kulit putih dalam waktu yang singkat. Hasilnya? Hmmm... ada yang awalnya puas, namun sebenarnya tidak menyadari bahaya di balik pemakaian jangka panjang si krim abal-abal.

Tetapi sudah banyak juga yang merasakan efek buruknya, mulai dari iritasi, infeksi, hingga berujung kematian.

Memang ternyata memiliki kulit putih itu bukan sesuatu yang selalu mudah didapatkan. Karena sebenarnya apabila pigmen dasar kulit tidak berwarna putih, maka kulit akan tetap kembali ke warna pigmen semula. Sayangnya, tidak banyak yang menyadari akan hal ini, dan tetap ngotot untuk memutihkan kulit.

Sebenarnya tidak salah juga, karena rata-rata kulit punya tingkat terputih dan berseri masing-masing apabila diberikan perawatan yang terbaik. Setidaknya kulit akan tampak bersih bersinar dan tidak kusam. Nah, apabila Anda mendambakan memiliki kulit putih dengan cara aman dan tetap sehat, coba saja cara-cara memanfaatkan bahan dari alam. Seperti tiga cara yang bisa Anda coba berikut ini:

Masker lidah buaya - jeruk nipis
Tanaman ini mudah sekali ditemukan di lingkungan rumah. Biasa dijadikan sebagai tanaman hias yang mempercantik rumah. Belakangan diketahui bahwa ternyata lidah buaya juga bisa diolah dan dikonsumsi. Menghasilkan beragam makanan yang tak pernah diduga sebelumnya. Mulai dari jelly, permen, hingga campuran kolak pisang atau minuman kesegaran lain.

Sedangkan jeruk nipis biasa digunakan sebagai bahan minuman serta campuran dalam makanan. Tumbuhnya cukup mudah dan cepat berbuah. Daunnya sendiri juga biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Yang memberikan aroma khas yang menyegarkan.

Nah, kedua bahan ini sebenarnya kalau diramu menjadi satu bisa membantu Anda mendapatkan kulit putih alami dan sehat. Ampuh juga untuk mengatasi peradangan kulit seperti jerawat, serta membantu menghilangkan noda hitam akibat bekas jerawat.

Caranya:
Hancurkan selembar lidah buaya yang sudah dikupas dengan menggunakan blender
Campurkan dengan sari buah jeruk nipis
Aplikasikan sebagai masker pada wajah dan diamkan 15 menit sebelum kemudian dibasuh dengan air dingin
Menggunakan masker ini Anda akan merasa sedikit seperti digigit nyamuk. Biasanya sari jeruk nipisnyalah yang bereaksi dan menimbulkan rasa pedih, namun tak akan lama dan akan segera hilang.
Masker tomat - jeruk nipis

Masih berbicara soal jeruk nipis, ada satu bahan lagi yang bisa dicampurkan dengan buah beraroma segar ini. Buah tomat adalah buah yang kaya akan antioksidan dan ampuh membantu mengatasi spot-spot hitam di wajah. Kandungan vitamin C-nya juga mencerahkan kulit sehingga kulit bisa lebih putih alami.

Caranya:
Haluskan tomat dengan menggunakan blender dan campur dengan sari jeruk nipis. Tambahkan 1-2 sdt oatmeal.
Aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 5-10 menit.
Massage perlahan dengan gerakan memutar ke seluruh wajah. Diamkan kembali selama 5 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.
Sama seperti masker sebelumnya, akan terasa sedikit pedih di kulit namun akan memberikan rasa segar setelahnya. Untuk diperhatikan, tidak disarankan memassage area berjerawat yang sedang meradang atau luka yang terbuka.

Masker lemon - madu
Padukan madu dengan lemon untuk memberikan perawatan mencerahkan, menyegarkan sekaligus melembabkan. Lemon yang ampuh mencerahkan wajah akan memberikan kesegaran pada wajah serta mengangkat kelebihan minyak. Sedangkan madu akan melembabkan kulit dan melembutkannya.

Caranya:
Larutkan 1 sdm madu ke dalam 1 buah sari jeruk lemon
Aplikasikan pada kulit wajah dengan sedikit dimassage. Diamkan selama 15-20 menit.
Bilas dengan air hangat dan akhiri dengan air dingin.
Mengeringkannya tidak boleh kasar, tetapi disarankan menepuk-nepuk saja dengan menggunakan handuk lembut.

No comments:

Post a Comment