Saturday, September 28, 2013

Wah, Pesan Dalam Botol Ini Berusia 107 Tahun


Seorang pria baru saja dikejutkan oleh sebuah botol ketika sedang melakukan kegiatan sehari-harinya di pantai. Adalah Steve Thurber, pria yang bekerja sebagai nelayan ini baru saja menjadi tontonan publik setempat atas apa yang telah ia temukan. Dalam kegiatan bekerjanya sebagai nelayan di pantai di Tofino, Kanada, Steve yang kala itu sedang berada di pulau terpencil yang dikenal sebagai Scooner Cove mendapati sebuah botol yang terselip di dalam pasir di ujung pantai. Hal inilah yang membuat Steve mendekati barang tersebut karena rasa penasarannya yang cukup tinggi.

Setelah mendapatkan botol tersebut, barulah Steve menyadari bahwa apa yang telah ia temukan adalah sesuatu yang sangat menakjubkan. Botol yang sudah sangat lusuh dan masih bersegel rapat itu pun diketahui telah berusia 107 tahun lamanya. Meskipun begitu. lelaki paruh baya ini enggan membuka dan mengeluarkan isi botol tersebut.

Alasan Steve memang cenderung unik, pria ini merasa bahwa dirinya adalah satu dari kesekian banyak orang yang memiliki kesempatan yang langka ini dalam menemukan sebuah botol tua. Dalam wawancaranya kepada metro.co.uk, Steve mengungkapkan bahwa dia akan menyimpan botol tua itu sebagaimana dia pertama kali menemukannya, yakni dalam keadaan tersegel.

Lalu, dengan tidak dibukanya segel pada botol ini, bagaimana Steve dapat mengklaim bahwa usia botol ini sekitar 107 tahun.? Karena botol ini terbuat dari kaca transparan, maka beberapa tulisan di dalamnya pun masih bisa dibaca dari luar sisi botol tersebut.

Diketahui, bahwa surat itu telah ditulis pada tanggal 29 September 1906 dan ditandatangani oleh seseorang bernama Earl Willard yang berlayar dari San Francisco menuju Bellingham, Steamer Rainier. Catatan tersebut bahkan menunjukkan alamat Mr. Willard di Bellingham yang kini sudah menjadi museum kereta api. Steve sendiri menyadari bahwa dirinya sangat beruntung mengingat  botol ini hanya berjarak sedikit dengan lahan yang sedang dibangun sebagai proyek restorasi Taman Kanada.

Dengan penemuan terhadap surat tua ini, Steve mungkin akan mengalahkan rekor seorang nelayan yang telah menemukan surat tua pada tahun lalu. Nelayan dari skotlandia tersebut telah  menemukan botol yang berusia  98 tahun di Shetland yang sebelumnya sempat menjadi rekor Guinness World Record atas pesan tertua dalam botol.

No comments:

Post a Comment