Monday, May 20, 2013

Kuning telur VS putih telur, mana yang lebih baik?


Dari sekian banyak orang yang pernah mengenal dan mengkonsumsi telur, banyak diantaranya yang beranggapan bahwa kuning telur buruk bagi kesehatan. Bagi mereka, putih telur merupakan inti dari protein yang ada dalam telur. Ya, memang benar bahwa protein terbesar terkandung dalam putih telur, namun kuning telur justru membawa kesempurnaan vitamin jika digabung dengan putih telur. 

Sebenarnya kuning telur juga memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah pentingnya dengan putih telur karena kuning telur kaya akan protein sehat (omega 3, kolin, karotenoid dan zeaxanthin).

Kuning telur VS putih telur, mana yang lebih baik?

Jika ada sebuah pertanyaan : manakah yang lebih bagus antara kuning telur dan putih telur? Maka jawaban pastinya adalah "telur utuh". Lho, kok telur utuh? Perlu kita ketahui bahwa antara putih telur dan kuning telur merupakan dua bagian yang saling melengkapi antara satu dengan yang lain. Jika kita lebih memilih kuning telur atau putih telur saja untuk dikonsumsi, maka kebiasaan tersebut perlu dirubah.

Telur utuh memiliki kandungan nutrisi yang sangat luar biasa (vitamin B kompleks, folat dll) yang sangat dibutuhkan tubuh untuk tumbuh dan berkembang. Baru-baru ini sebuah penelitian menyebutkan bahwa berat badan dapat dikurangi dengan cepat jika kita mau mengkonsumsi telur utuh dua butir setiap hari.

No comments:

Post a Comment