Wednesday, May 15, 2013

Penyebab Perut Kram Setelah Latihan


Anda harus waspada dan mencari penyebabnya jika Anda mengalami kram perut setelah latihan. Anda tidak boleh mengabaikan perut yang kram. Perut kram setelah latihan akan memunculkan rasa sakit yang luar biasa dan akan membuat Anda tidak merasa nyaman untuk beraktivitas. Anda akan mencari cara untuk mengatasinya jika Anda telah mengetahui penyebabnya. Mengapa Perut Anda Kram Setelah Latihan?

Anda mengalami masalah di wilayah dinding perut jika Anda mengalami rasa tertusuk atau kram perut. Bisa juga terjadi masalah di sistem pencernaan Anda jika Anda merasa tidak nyaman atau kram setelah berolahraga atau berlari. Napas yang lebih pendek ketika berolahraga mengakibatkan bagian tubuh tersebut menjadi kekurangan oksigen.

Kekurangan cairan adalah penyebab umum lain terjadinya kram perut. Tubuh Anda akan kehilangan sejumlah besar cairan dalam bentuk keringat selama berolahraga. Karena hal ini maka air yang berada dalam tubuh menjadi berkurang, terutama di daerah perut. Oleh karena itu, sebelum, selama dan setelah berlatih, minumlah beberapa gelas air secara berkala. Namun, Anda juga tidak boleh minum terlalu banyak air sebelum latihan, karena hal tersebut juga dapat memicu terjadinya kram pada perut.

Terjadinya kram perut pada saat berolahraga atau berlari terjadi karena beberapa faktor berikut :

1. Pasokan Oksigen Berkurang
Saat pasokan oksigen ke tubuh berkurang makan akan terjadi kram pada perut, karena tubuh kekurangan oksigen, maka akan muncul rasa sakit yang merupakan efek langsung dari ritme napas yang berat dan intens. Biasanya, bagian yang sakit adalah dinding otot perut, ulu hati dan pinggang. Cara efektif untuk mencegah terjadinya kram perut adalah dengan menguasai teknik bernapas yang benar saat berlari.

2. Pada Kandung Kemih dan Usus Besar Terjadi Gangguan
Gangguan kesehatan pada kandung kemih, otot panggul dan usus besar juga dapat mengakibatkan kram perut. Berlarilah dengan lebih pelan dan jangan terlalu keras pada saat mendaratkan kaki Anda jika Anda mengalami hal ini. Cara lain yang juga Anda lakukan adalah dengan menguasai teknik berlari yang tepat. Untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda, segera periksakan diri ke dokter.

3. Setelah Makan, Langsung Latihan
Untuk mencerna makanan dengan baik, setidaknya sistem pencernaan membutuhkan waktu 1 jam. Melakukan aktivitas berat seperti berlari dan berolahraga tidak dianjurkan selama rentang waktu tersebut. Resiko untuk terjadi kram perut akan semakin besar jika Anda buru-buru latihan setelah makan.

Meredakan Perut Kram Saat Latihan

Menghentikan sejenak aktivitas fisik yang Anda lakukan, menggosok atau memijat daerah yang sakit dengan lembut adalah cara termudah untuk meredakan rasa sakit ketika perut kram saat latihan. Yang juga harus Anda lakukan adalah dengan mengatur pola pernafasan Anda dan mempelajari latihan pernafasan untuk mengatasi rasa sakit karena kram. Olah pernapasan akan meningkatkan pasokan oksigen ke daerah perut Anda dan juga akan mengurangi rasa sakit secara signifikan.

Sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih rinci jika Anda sudah terlalu sering mengalami kram perut agar masalah kram ini terobati dengan baik. Agar otot-otot tubuh Anda siap untuk menerima tantangan dan tekanan pada saat latihan, pastikan agar Anda melakukan pemanasan sebelum berlatih.

No comments:

Post a Comment