Monday, June 10, 2013

10 PENEMUAN MENAKJUBKAN DARI MARS EXPRESS SELAMA 10 TAHUN

Mars Express di atas kawah es

Astronesia-Minggu ini menandai ulang tahun ke-10 sejak peluncuran pengorbit Mars Express Badan Antariksa Eropa '(ESA) dari Baikonur Cosmodrome di Rusia pada tanggal 2 Juni 2003.

Mars Express adalah misi penjelajahan angkasa yang dilakukan oleh European Space Agency (ESA). Misi Mars Express menjelajahi planet Mars dan merupakan misi planet pertama yang dilakukan oleh badan tersebut. "Express" merujuk kepada kecepatan dan efisiensi wahana yang dirancang dan dibangun.Namun, "Express" juga mendeskripsikan perjalanan antarplanet yang relatif cepat karena diluncurkan ketika orbit Mars dan Bumi sedang dekat dibanding 60.000 tahun sebelumnya.

Mars Express terdiri dari dua bagian, yaitu Mars Express Orbiter dan Beagle 2, wahana pendarat yang dirancang untuk melakukan penelitian eksobiologi dan geokimia. Meskipun wahana pendarat gagal mendarat di permukaan Mars, wahana pengorbit berhasil melakukan pengukuran ilmiah semenjak awal tahun 2004, seperti pencitraan beresolusi tinggi, pemetaan mineral permukaan, penggunaan radar untuk permukaan di bawah permafrost, penentuan sirkulasi dan komposisi atmosfer, dan penelitian interaksi atmosfer dengan medium antarplanet.

Karena kepentingan ilmiahnya, misi Mars Express diperpanjang hingga tahun 2014. Dan berikut adalah 10 penemuan dari Mars Express tahun 2003-2013:
  1. Mendeteksi mineral pertama yang terhidrasi dalam bentuk phyllosilicates and hydrated sulfates,bukti periode panjang dari air yang mengalir yang terlihat oleh OMEGA dan spektrometer inframerah memberikan informasi bahwa Mars dulunya sangat basah dari saat ini dan mungkin telah menguntungkan bagi kehidupan untuk berevolusi.
  2. Mendeteksi metana di atmosfer melalui Planetary Fourier Spectrometer (PFS) yang bisa berasal dari aktivitas biologi atau geologi.
  3. Mengidentifikasi bentang alam glasial terbaru melalui gambar dari Kamera Stereo Resolusi Tinggi (HRSC) yang berasal dari fitur aliran viskos yang terdiri dari bahan kaya es yang berasal dari dataran tinggi yang berdekatan.
  4. Menyelidiki daerah kutub. OMEGA dan MARSIS menetapkan bahwa kutub selatan planet ini terdiri dari campuran air es beku dan karbon dioksida.Jika semua es di kutub mencair,planet ini akan ditutupi oleh laut sedalam 11 meter.
  5. Menyelidiki kegiatan vulkanik yang mungkin baru terjadi di Mars,sekitar 2 juta tahun yang lalu.Mars memiliki gunung berapi terbesar di tata surya. Mereka adalah faktor utama dalam evolusi permukaan, atmosfer dan iklim di Mars.
  6. Menyelidiki tingkat hilangnya atmosfer Mars, membantu peneliti menjelaskan bagaimana Mars berubah dari tempat yang hangat, basah dan kering seperti saat ini.
  7. Penemuan aurora lokal di Mars.
  8. Menemukan sebuah lapisan meteorik baru dalam ionosfer Mars yang diciptakan oleh debu kosmik yang bergerak cepat dan terbakar saat menghantam atmosfer.
  9. Mendeteksi awan karbon dioksida. Pembekuan dan penguapan CO2 adalah salah satu siklus iklim utama Mars, dan mengendalikan variasi musiman dalam tekanan udara permukaan.
  10. Belum pernah terjadi sebelumnya probing dari bulan Mars Phobos,bisa menjadi target dan misi untuk pendarat masa depan manusia.

No comments:

Post a Comment