Sunday, June 30, 2013

Inilah Alasan Mengapa Dokter Bedah Memakai Pakaian Hijau



Kenapa sih dokter bedah memakai pakaian warna hijau? ya.. mungkin itu pertanyaan yang terlintas di benak Sobat. Saya pun penasaran dengan hal itu. Saya mencari dari berbagai sumber dari blog ke blog,ke wikipedia, sabang sampai merauke, ke kutub utara sampai ke kutub selatan untuk mencari permasalahan ini. Nah di postingan kali ini akan merangkumnya dan mepostingkannya di blog ini, kebetulan juga saya pergi ke blog lain dan menemukan ternyata Detective Conan juga pernah membahas tentang masalah ini, kalau gk salah katanya volume 66 atau Manga Chapter 686. saya gk tau juga tuh kalau Detective Conan juga membahas ini, saya tau dari sumber/blog lain karena saya tidak suka menonton Detective Conan hehehe... . Oke kita lanjut lahi ke topik permasalahan.

Awalnya Dokter Bedah menggunakan pakaian yang berwarna putih. Karena warrna itu melambangkan kebersihan. Tapi ada seorang dokter yang merasa tidak nyaman menggunakan warna tersebut. Dia lebih memilih warna hijau karena katanya warna hijau itu lebih nyaman untuk dilihat. Karena alasan yang sangat sesederhana ini, warna hijau menjadi warna populer pada saat ini.

Sebenarnya warna hijau memang cocok bagi dokter untuk melihat lebih baik didalam ruang pembedahan. Kenapa? karena warna hijau adalah lawan dari warna merah. Saat dokter bedah sedang melakukan pembedahan, mereka akan sering melihat darah yang berwarna merah. 

Hal itu akan membuat konsentrasi sang dokter terganggu karena akan menimbulkan ilusi noda dimana ketika seseorang terus-terusan melihat warna merah maka akan menyebabkan ilusi warna berwarna hijau di latar yang berwarna terang atau putih.

Selain itu, jika melihat warna merah secara terus menerus bisa menyebabkan sinyal warna merah di otak memudar sensifitasnya terhadap variasi warna merah.

Nah, gimana Penjelasan singkatnya cukup jelas gk nih sob? kalo seandainya dokter bedah gk memakai pakaian berwarna hijau pasti sang dokter akan terkena ilusi noda dan konsentrasinya terganggu dan buyar dah konsentrasinya

No comments:

Post a Comment