Monday, June 10, 2013

BBM akan Hadir Preinstall di Ponsel Android?



Masih hangat tentunya keputusan BlackBerry untuk meluncurkan layanan pesan mereka, BBM untuk platform di luar ekosistem mereka, yang adalah Android dan iOS. Nah, kabar terbaru hadir bahwa sepertinya BBM ini akan disematkan secara langsung (preinstall) di beberapa smartphone Android.

Seperti yang dikutip dari GSMarena, COO BlackBerry, Kristian Tear, mengatakan bahwa ada ketertarikan dari beberapa produsen handset untuk melakukan preinstall BBM di perangkat buatan mereka. Meski demikkan, pihak BB tidak menyebutkan merek mana yang akan membawa BBM di perangkat mereka secara langsung.

Analisis singkat GSMarena menyebutkan bahwa dua produsen yang tidak mungkin menyematkan BBM secara langsung adalah iOS dan Samsung, keduanya memiliki layanan pesan bawaan.

Atas popularitas BBM di perangkat BlackBerry, bisa jadi produsen tertarik untuk menjadikan BBM sebagai salah satu ‘jurus’ dalam menarik konsumen membeli perangkat mereka. BBM sendiri saat ini digunakan oleh 51 juta orang selama 90 menit perhari. Keluarnya BBM dari ekosistem aslinya dipandang sebagai pamungkan oleh para pengamat tetapi di sisi lain membuka peluang pertambahan pengguna. BBM tentunya akan bersaing dengan layanan pesan lain yang kini jauh lebih populer.

Saat kehadirannya nanti BBM untuk iOS dan Android tidak akan menghantarkan fitur penuh, namun fitur standar untuk komunikasi tentunya telah bisa dinikmati, seperti layanan pesan dan grup. Fitur lain akan menyusul.

Kita nantikan rumor lanjutan atas BBM, sebelum kehadiran resmi musim panas tahun ini (waktu AS).

No comments:

Post a Comment