Saturday, July 13, 2013

Sakit Punggung Gara-gara Salah Posisi Tidur? Ini Solusinya



Jakarta, Tidur seharusnya menjadi waktu untuk istirahat yang membuat tubuh menjadi lebih segar dan rileks. Alih-alih membuat tubuh terasa lebih enakan, salah posisi saat tidur justru dapat menyebabkan tubuh menjadi kaku, sakit di bagian punggung atau pinggang.

Sakit punggung yang terjadi saat bangun tidur bisa terjadi karena adanya ketidaksejajaran tulang belakang. Sebagian besar orang tidak memiliki postur tubuh yang sempurna. Ditambah lagi kegiatan sepanjang hari yang mengencangkan otot-otot punggung, sehingga mengakibatkan rasa sakit saat tidur.

Misalnya, duduk sepanjang hari dapat mengakibatkan otot-otot di pinggul mengencang, menyebabkan kelengkungan tulang belakang di sekitar punggung bawah. Membungkuk dapat menyebabkan otot-otot di bahu mengencang, mengakibatkan rasa sakit di punggung atas.

Beberapa posisi tidur dapat memperburuk kondisi tersebut. Posisi janin (tidur dengan gaya meringkuk dengan lutut ditarik ke atas) sering dianggap sebagai posisi paling nyaman untuk tidur. Namun ternyata posisi ini cenderung lebih membuat kelengkungan pada tulang belakang dan masalah pada kaki.

Tidur telentang dapat menyebabkan punggung bagian bawah melengkung, jika kasur yang Anda gunakan tidak tepat. Tidur telungkup juga dapat mendorong pinggul belakang, menyebabkan kelengkungan punggung bawah. Semua tekanan tulang belakang dan otot sekitarnya dapat menyebabkan sesak dan sakit setelah bangun atau bahkan pada malam harinya.

Bagaimana mengatasinya?
Ada beberapa perbaikan sederhana untuk mengatasi nyeri punggung yang disebabkan karena tidur, salah satunya dengan penyesuaian posisi tidur biasa, seperti dilansir Dailyhealthpost, Sabtu (13/7/2013).

Langkah pertama adalah tidur dengan menggunakan bantal tipis, atau bahkan handuk yang dilipat, bukan setumpuk bantal yang terlalu mengangkat kepala. Hal ini untuk mengurangi ketegangan pada leher. Kemudian, tempatkan bantal lain di bawah lutut, untuk memudahkan beberapa ketegangan pada punggung bawah.

Jika Anda sulit untuk tidur telentang, ada pilihan lain untuk menghindari sakit punggung. Jika Anda lebih suka tidur telungkup, tempatkan bantal tipis di bawah pinggul untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang. Demikian juga jika Anda memilih untuk tidur dengan posisi janin, menempatkan bantal di antara lutut dapat memastikan satu sisi pinggul tidak tertarik ke bawah.

No comments:

Post a Comment