Tuesday, July 23, 2013

Ternyata, Nyamuk Lebih Hobi Menghisap Darah Peminum Alkohol


 

Tidak hanya merugikan kesehatan dan membahayakan organ dalam, konsumsi minuman keras beralkohol ternyata memberikan dampak lain bagi tubuh. Studi terbaru menemukan sebuah fakta, bahwa darah peminum alkohol dan bir ternyata lebih mengundang serangga, terutama nyamuk, untuk hinggap dan menghisap darah mereka.

Menurut informasi yang kami lansir dari laman Times of India, Jumat (19/7), para peneliti menemukan fenomena tersebut karena para peminum alkohol memiliki kecenderungan untuk meningkatkan sekresi etanol dalam keringat. Selain itu, alkohol turut memberikan efek meningkatkan suhu tubuh. Dalam studi ini terungkap bahwa, mengonsumsi 1 botol bir saja sudah mengundang datangnya nyamuk.

Selain itu, para peneliti juga mengungkapkan bahwa masih banyak faktor lain yang ikut berperan dalam hal ini, antara lain golongan darah, metabolism, status kehamilan, ataupun karbondioksida yang dikeluarkan dari tubuh.

Hal tersebut, dipicu oleh kemampuan nyamuk yang mampu mencium bau asal laktat dan zat lain yang terdapat di dalam keringat. Kemudian, nyamuk juga akan lebih mencari orang dengan suhu tubuh yang lebih tinggi. Fakta lainnya adalah, nyamuk juga memiliki ketertarikan pada tipe darah O dua kali lebih tinggi dibandingkan tipe darah A.

Kehebatan nyamuk lainnya adalah, mereka juga memiliki ketertarikan pada tingkat karbon dioksida yang tinggi dan mampu mencium bau gas dari jarak sejauh 164 meter.

No comments:

Post a Comment