Tuesday, July 9, 2013

Sebab Lambatnya Akses Internet Dua Pekan Lalu



Pengguna Internet selama dua pekan lalu merasakan akses komunikasi yang lambat bahkan sering putus. Ini terjadi dikarenakan kapasitas jaringan backbone yang ada sudah tidak bisa menampung kebutuhan bandwidth pengguna di Indonesia.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), kurangnya kapasitas internet sangat berpengaruh pada pemberian layanan internet service provider (ISP) kepada pelangganya, dan menyebabkan banyak pelanggan mengeluh atas lambatnya internet baru-baru ini.

Tidak hanya operator namun juga perlu dukungan pemerintah untuk pembangunan jaringan backbone baru guna mengatasi kekurangan bandwidth di Indonesia.

Saat ini jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 65 juta orang pada akhir tahun lalu, sedangkan akhir tahun ini meningkat, sebanyak 80 juta orang. Namun jumlah ini belum termasuk pengguna ponsel yang menggunakan bandwidth.

Di Bangka belitung menurut kepala Pusat Informasi dan Humas, Kominfo Gatot S. Dewa Broto sudah sering kecurian enam kali sejak tahun lalu, maka Kominfo berkoordinasi dengan Pemda setempat, aparat AL, Polisi air guna mengurangi kasus pencurian kabel optik.

No comments:

Post a Comment