Sunday, August 4, 2013

Cerai Ala Jepang, Hancurkan Cincin Dan Usailah Sudah



Vemale.com - Beberapa waktu lalu Vemale pernah menyampaikan fakta unik tentang perceraian di Jepang yang berakhir dengan happy ending. Yaitu dengan melakukan publikasi perceraian mereka dengan baik-baik melalui sebuah koran.

Namun ternyata ada sebuah tradisi bercerai lainnya yang cukup unik di Jepang. Bila di negeri kita kasus perceraian seringkali nampak berbelit-belit dan melalui proses sidang yang panjang, orang Jepang cukup menghancurkan cincin pernikahan mereka untuk bercerai.

Hiroki Terai, adalah seorang pemilik agen perceraian di Tokyo. Sejak kecil ia berpikir bahwa fenomena perceraian membuatnya memiliki ide untuk melakukan ritual cerai yang seunik pernikahan suatu hari nanti bagi mereka yang ingin melakukan perceraian.

Terai sudah melakukan sekitar 100 upacara selama beberapa tahun terakhir. Setiap upacara perceraian dikenakan biaya sekitar Rp 7 juta. Momen ini dihadiri oleh pasangan yang akan bercerai dan keluarga mereka. Selanjutnya pasangan tersebut diminta menyerahkan cincin dan menghancurkannya bersama-sama menggunakan palu.

Well, meski dalam momen yang cukup galau dan memberatkan hati, namun ritual ini cukup kocak dan menarik perhatian dunia. Bagaimana orang Jepang menandai perceraian mereka dengan hanya menghancurkan cincin pernikahan benar-benar tidak bisa ditemui di manapun. Mungkin beberapa orang menganggap bahwa mengakhiri pernikahan seperti ini malah terkesan main-main, namun bagi orang Jepang hal tersebut menjadi salah satu cara bercerai yang efektif bagi mereka.

Well, setidaknya cara ini memang lebih ringkas daripada mengikuti prosedur yang berbelit-belit dan melelahkan. Ada-ada saja, ya.

No comments:

Post a Comment