Thursday, August 15, 2013

Wah...menara miring pisa kini perlahan kembali lurus


Sebagian dari pecinta traveler tentu sudah tahu jika Menara Pisa, di Italia merupakan salah satu bangunan yang sangat populer karena keunikannya. Namun tahukan anda, jika Menara yang dikenal karena kemiringannya itu kini perlahan-lahan kembali lurus?.

Seperti dilansir Huffington Post, Selasa (13/8/2013), para kru pengawas resmi bangunan Menara Pisa mengatakan, bahwa menara kebanggaan masyarakat Italia itu kembali lurus kurang lebih 2,5 cenitmeter, atau 1 inci dalam waktu 2001 hingga 2013. Mungkin jika dilihat secara kasat mata hal itu tidak terlihat. Namun para kru bangunan tersebut menyebutkan bahwa ini adalah berita baik.

Stuktur perkembangan menara telah dilakukan dalam kurun waktu pemugaran selama 11 tahun, dimulai sejak tahun 1992. Bidang miring menara bergerak dari 4,5 meter (14,75 kaki) ke 4,1 meter (13,45 kaki). Perbaikan tersebut dilakukan oleh Profesor Michele Jamiolkowski. Sebagai langkah awal, ia melingkari lantai pertama menara dengan 18 kabel baja sebagai penopang struktur utama menara.

Perbaikan selanjutnya dilakukan di bawah tanah, dimana permukaan tanah dibawah menara telah membeku, dan ditopang oleh blok batu konglomerat berumur 150 tahun. Blok batu tersebut diganti dengan sebuah balok dan beton, ditahan dengan kabel baja yang berada pada kedalaman 52 meter (170 kaki).

Segala proses perbaikan mulai membuahkan hasil dengan berkurangnya kemiringan Menara Pisa sebesar 2,5 centimeter. Menara Pisa memang masih miring, tapi berdasarkan para ahli, menara tersebut dapat bertahan hingga 2 sampai 3 abad mendatang.

Kira-kira seperti apa yah jadinya jika suatu saat nanti Menara Pisa tak lagi miring? mungkinkah masih tetap menjadi daya tarik para wisatawan?

No comments:

Post a Comment