Facebook
Inc pada Kamis buka rahasia soal ponsel mereka. Mereka memperkenalkan
aplikasi baru yang menggantikan tampilan layar depan pada beberapa
smartphone Android. Disebut
"Home," perangkat lunak baru ini memungkinkan pengguna
secara komprehensif memodifikasi Android, sistem operasi mobile
populer yang dikembangkan oleh Google. Dengan layanan ini, tampilkan
Newsfeed Facebook dan pesan yang selama ini muncul pada bagian atas
layar akan diperluas fungsinya.
"Kami
ingin membawa semua konten ini ke depan," kata Kepala Eksekutif
Facebook, Mark Zuckerberg, di depan ratusan wartawan dan eksekutif
industri yang berkumpul di Menlo Park.
Perangkat
lunak Home akan tersedia untuk di-download secara gratis dari Google
Play mulai tanggal 12 April. Selain itu, AT & T Inc memiliki hak
eksklusif untuk menjual ponsel khusus seharga US$ 100, yang dibuat
oleh HTC Corp Taiwan, yang menjadi pertama yang diinstal dengan
software itu di hari yang sama. Orange, yang dimiliki France Telecom
akan menawarkan telepon ini di Eropa.
Saham
Facebook naik 82 sen, atau 3,1 persen, pada US$ 27,07 dan saham
Google ditutup pada US$ 795,07, turun US$ 11,13 atau 1,38 persen di
hari pengumuman itu.
Analis
mengatakan perangkat lunak baru yang berdiri sendiri mulai membuat
pengguna meninggalkan layanan Google. Tawaran Facebook bisa
mengalihkan perhatian dari layanan seperti pencarian dan email, yang
menghasilkan pemasukan iklan bagi Google.
Alih-alih
wallpaper tradisional atau lock screen, pengguna Home akan melihat
'pergerakan' kontak mereka di Facebook pada tampilan depan, mulai
dari foto, update status - dan akhirnya - iklan dari jaringan
Facebook.
Eksekutif
Facebook mengakui bahwa pesan dan komunikasi tetap menjadi andalan
ponsel Facebook. Juga menyatukan dalam folder pesan semua layanan SMS
dan pesan dalam Facebook.
"Pada
satu tingkat, ini hanya versi mobile berikutnya Facebook," kata
Zuckerberg. "Pada tingkat yang lebih dalam, hal ini dapat mulai
menjadi perubahan dalam hubungan dengan bagaimana kita menggunakan
perangkat komputer."
Orang-orang
yang menggunakan perangkat lunak dan ponsel HTC pada Kamis terkesan
dengan desain yang sangat visual dan antarmuka yang menampilkan
banyak gambar. Namun para analis mengatakan belum terbukti apakah
Home akan mampu membetot pengguna Facebook dari kebiasaan lama.
Apalagi, beberapa konsumen mulai bosan dan Facebook tak lagi menjadi
pusat kehidupan mereka. Charles Golvin, analis di Forrester Research
mengatakan pasar seperti Spanyol dan Brasil, pengguna ponsel
menghabiskan lebih banyak waktu dalam aplikasi pesan seperti Whatsapp
dibandingkan dengan aplikasi Facebook.
"Bagi
sebagian besar orang, Facebook hanya satu bagian, bukan sentral dari
pengalaman berponsel mereka," katanya. "Saya melihat respon
yang lebih apatis di kalangan pengguna Facebook dari yang Facebook
mungkin harapkan."
No comments:
Post a Comment