Wednesday, April 24, 2013

Awas! Bahaya Mengintai Sepatu Hak Tinggi



Mengenakan sepatu hak tinggi (high heels) memang dapat membuat penampilan wanita lebih sempurna terutama dalam acara-acara formal.

Namun, sebenarnya kaki adalah bagian tubuh yang paling menderita ketika Anda memakai high heels. Sebab, kaki dipaksa berada pada kondisi yang tidak normal. Ini dia alasan utama mengapa sepatu hak tinggi memiliki bahaya tersendiri bagi kaki anda.

Pemakaian high heels setiap hari bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan kaki, antara lain lapisan kulit yang menebal atau kapalan, kaki bengkak yang bisa menjadi radang, beban tubuh terpusat di kaki bagian tumit, dan stres pada kaki.

Selain itu juga high heels menyebabkan cedera pada otot kaki, nyeri sendi punggung, sampai pada masalah yang lebih kompleks, seperti sakit pada tulang telapak kaki yang bertambah parah setiap tahunnya.

Dr. Rupert Evans, seorang dokter spesialis cedera dan kecelakaan darurat di University Hospital of Wales, Cardiff, mengemukakan cedera akibat sepatu berhak tinggi bisa menimbulkan masalah dalam jangka panjang.

Dr. Evans mencatat kenaikan jumlah pasien dengan kasus cedera gara-gara mengenakan alas kaki berhak tinggi. Cedera yang paling sering dijumpai dalam risetnya adalah kaki keseleo, nyeri dan kaku di persendian tulang. Pada beberapa kasus, bisa menyebabkan kerusakan permanen.

Beberapa waktu lalu, aktris Sarah Jessica Parker yang populer berperan sebagai tokoh fashionista dan pecinta high heels dalam Sex and the City, mengaku bentuk kakinya berubah karena kebiasaannya mengenakan high heels setiap saat.

Bayangkan saja, selama 10 tahun berkarir dalam dunia showbiz, Sarah mengenakan sepatu high heels 18 jam sehari tanpa melepasnya. Cidera yang dialami kakinya tersebut sudah tidak dapat disembuhkan.

No comments:

Post a Comment