Sunday, April 14, 2013

Hewan Aneh Ditemukan di Brazil


Binatang unik ditemukan di Sungai Madeira, Rondonia, Brazil. Binatang bernama Atretochoana eiselti memiliki tubuh panjang mirip ular. Binatang tersebut ditemukan saat sejumlah teknisi mengeringkan sungai untuk membuat dam baru di Sungai Madeira pada November 2011 lalu. Kala itu enam ekor hewan serupa ular dengan panjang badan sekitar satu meter ini ditemukan. Sebagaimana dikutip Dailymail, Rabu (1/8/2012), sejumlah kalangan menyebut hewan ini sebagai “ular buta”. Pada foto yang dirilis tak terlihat bagian mata hewan itu.


Ahli biologi, Julian Tupan, yang bekerja untuk San Antonio Energy-perusahaan yang mengonstruksi dam–mengatakan ada enam ekor hewan semacam itu yang ditemukan. Namun satu ekor mati, tiga dilepaskan lagi ke alam dan dua lainnya diambil untuk keperluan penelitian. “Kami rasa hewan ini bernapas melalui kulitnya dan kemungkinan makan ikan kecil dan cacing, tapi masih belum terbukti,” ucap Tupan.

Para ilmuwan meyakini binatang unik tersebut masih kerabat dengan salamander dan katak. Para ahli masih meneliti genus atau marga hewan tersebut. Diduga hewan tersebut merupakan binatang langka yang hanya terlihat secara sporadis sejak ditemukan kali pertama pada 1968. Diketahui binatang ini namanya berdasarkan dua spesimen yang diawetkan Naturhistorisches Museum, Wina, Austria.
Saat awal ditemukan, para ahli memasukkan hewan ini ke marga Typhlonectes. Namun pada 1996 hewan ini dimasukkan ke genus monotipik yang mana hanya terdiri dari satu spesies. Berdasar informasi dari wikipedia, spesies ini tidak memiliki kaki, paru-paru, hidup di air serta bernapas melalui kulit. Ilmuwan mengategorikan hewan ini sebagai Sesilia yang termasuk dalam ordo amfibia yang bertubuh serupa cacing besar atau ular.

No comments:

Post a Comment