Wednesday, April 10, 2013

Protein Putih Telur Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi


Sebuah penelitian terbaru menyimpulkan bahwa protein putih telur dapat menurunkan tekanan darah dengan tingkat efektivitas seperti dosis rendah obat yang diresepkan dokter.
"Dalam penelitian laboratorium, kami temukan pebtida yang terdapat pada putih telur mampu mengurangi tekanan darah seperti mengkonsumsi obat jenis Captopril, sebuah jenis obat yang ampuh menurunkan tekanan darah," kata Zhipeng Yu, pemimpin penelitian dari Universitas Jilin seperti dilansir laman The Indian Express, Rabu (10/4).
"Kami memiliki bukti dari laboratorium bahwa zat putih telur , yaitu Peptida mampu mengurangi tekanan darah anda," kata pemimpin studi, Yu Zhipeng dari Universitas Jilin, menurut laman The Indian Express, Rabu (10/4). Yu dan koleganya dari Clemson University mempelajari peptida yang disebut RVPSL. RPVSL memiliki kemampuan yang kuat untuk menghambat atau menghalangi aksi ACE, suatu zat yang diproduksi tubuh yang mampu meningkatkan tekanan darah.

Selain itu, putih telur yang mengandung Peptida,baik dalam bentuk telur maupun dalam bentuk suplemen,merupakan obat tambahan yang sangat baik bagi penderita tekanan darah tinggi. penelitian ini memang baru didokumentasikan pada tikus di laboratorium yang dikondisikan memiliki tekanan darah tinggi. Rencananya akan diterapkan kepada relawan manusia dengan kondisi hipertensi.

Disebutkan, selain mampu menurunkan tekanan darah, RVPSL juga tidak memiliki efek toksik (beracun). "Penelitian ini mendukung temuan sebelumnya dalam topik yang sama. Ini suatu kemajuan baru dalam temuan efek putih telur pada kesehatan manusia," tambah Yu.

Yu menambahkan, penelitian dilakukan pada versi peptida yang dipanaskan hampir 93 derajat Celsius. Suhu ini memang masih lebih rendah dari kebiasaan kita saat memasak telur. Meski begitu, kaya Yu, efek putih telur yang dimasak masih tetap menguntungkan bagi penderita tekanan darah tinggi.

No comments:

Post a Comment