Saturday, April 6, 2013

Facebook Home


Facebook Inc pada Kamis buka rahasia soal ponsel mereka. Mereka memperkenalkan aplikasi baru yang menggantikan tampilan layar depan pada beberapa smartphone Android. Disebut "Home," perangkat lunak baru ini memungkinkan pengguna secara komprehensif memodifikasi Android, sistem operasi mobile populer yang dikembangkan oleh Google. Dengan layanan ini, tampilkan Newsfeed Facebook dan pesan yang selama ini muncul pada bagian atas layar akan diperluas fungsinya.


"Kami ingin membawa semua konten ini ke depan," kata Kepala Eksekutif Facebook, Mark Zuckerberg, di depan ratusan wartawan dan eksekutif industri yang berkumpul di Menlo Park.
Perangkat lunak Home akan tersedia untuk di-download secara gratis dari Google Play mulai tanggal 12 April. Selain itu, AT & T Inc memiliki hak eksklusif untuk menjual ponsel khusus seharga US$ 100, yang dibuat oleh HTC Corp Taiwan, yang menjadi pertama yang diinstal dengan software itu di hari yang sama. Orange, yang dimiliki France Telecom akan menawarkan telepon ini di Eropa.
Saham Facebook naik 82 sen, atau 3,1 persen, pada US$ 27,07 dan saham Google ditutup pada US$ 795,07, turun US$ 11,13 atau 1,38 persen di hari pengumuman itu.
Analis mengatakan perangkat lunak baru yang berdiri sendiri mulai membuat pengguna meninggalkan layanan Google. Tawaran Facebook bisa mengalihkan perhatian dari layanan seperti pencarian dan email, yang menghasilkan pemasukan iklan bagi Google.
Alih-alih wallpaper tradisional atau lock screen, pengguna Home akan melihat 'pergerakan' kontak mereka di Facebook pada tampilan depan, mulai dari foto, update status - dan akhirnya - iklan dari jaringan Facebook.
Eksekutif Facebook mengakui bahwa pesan dan komunikasi tetap menjadi andalan ponsel Facebook. Juga menyatukan dalam folder pesan semua layanan SMS dan pesan dalam Facebook.
"Pada satu tingkat, ini hanya versi mobile berikutnya Facebook," kata Zuckerberg. "Pada tingkat yang lebih dalam, hal ini dapat mulai menjadi perubahan dalam hubungan dengan bagaimana kita menggunakan perangkat komputer."
Orang-orang yang menggunakan perangkat lunak dan ponsel HTC pada Kamis terkesan dengan desain yang sangat visual dan antarmuka yang menampilkan banyak gambar. Namun para analis mengatakan belum terbukti apakah Home akan mampu membetot pengguna Facebook dari kebiasaan lama. Apalagi, beberapa konsumen mulai bosan dan Facebook tak lagi menjadi pusat kehidupan mereka. Charles Golvin, analis di Forrester Research mengatakan pasar seperti Spanyol dan Brasil, pengguna ponsel menghabiskan lebih banyak waktu dalam aplikasi pesan seperti Whatsapp dibandingkan dengan aplikasi Facebook.
"Bagi sebagian besar orang, Facebook hanya satu bagian, bukan sentral dari pengalaman berponsel mereka," katanya. "Saya melihat respon yang lebih apatis di kalangan pengguna Facebook dari yang Facebook mungkin harapkan."


No comments:

Post a Comment